Menyelenggarakan tamasya kelas ke Bursa Efek dan Perpustakaan Nasional dapat bersifat mendidik dan menyenangkan. Berikut ini rencana yang disarankan untuk tamasya tersebut:
Persiapan:
Beri tahu siswa tentang tamasya tersebut jauh-jauh hari, jelaskan tujuan pendidikannya.
Dapatkan izin yang diperlukan dari administrasi sekolah, orang tua, dan pihak berwenang jika diperlukan.
Mengatur transportasi ke dan dari lokasi.
Kunjungan ke Bursa Efek:
Awali hari dengan mengunjungi Bursa Efek, bursa efek. Aturlah tur berpemandu jika memungkinkan.
Menjelaskan konsep dasar pasar saham, seperti saham, obligasi, perdagangan, dll.
Diskusikan peran bursa saham dalam perekonomian dan bagaimana pengaruhnya terhadap individu dan bisnis.
Mendorong siswa untuk bertanya dan terlibat dalam diskusi dengan pemandu.
Istirahat makan siang:
Setelah tur, alokasikan waktu untuk makan siang. Anda dapat mengatur makan siang di restoran terdekat atau meminta siswa membawa bekal makan siang.
Kunjungan ke Perpustakaan Nasional:
Setelah makan siang, menuju ke Perpustakaan Nasional untuk tamasya bagian kedua.
Memberikan gambaran umum tentang sejarah, signifikansi, dan sumber daya perpustakaan.
Tergantung pada fasilitas perpustakaan, atur kegiatan seperti:
Tur berpemandu ke berbagai bagian (bagian referensi, terbitan berkala, arsip, dll.).
Pengenalan metode penelitian dan sumber daya yang tersedia di perpustakaan.
Doronglah siswa untuk mengeksplorasi bidang minat pribadi dan meluangkan waktu untuk membaca atau meneliti.
Diskusi dan Refleksi:
Di akhir outing, kumpulkan siswa untuk sesi diskusi dan refleksi.
Tanyakan kepada siswa tentang pengalaman mereka, apa yang mereka pelajari, dan pertanyaan apa pun yang mereka miliki.
Hubungkan pengalaman di bursa saham dan perpustakaan dengan kurikulum akademis dan relevansinya di dunia nyata.
Imbaulah siswa untuk berbagi wawasan apa pun yang diperoleh atau hubungan yang dibuat antara dua kunjungan tersebut.
Kegiatan Tindak Lanjut:
Tetapkan kegiatan tindak lanjut seperti esai, presentasi, atau proyek penelitian yang terkait dengan tamasya tersebut.
Menyediakan sumber daya atau bimbingan untuk membantu siswa mempelajari lebih dalam topik yang diminati.
Mendorong siswa untuk terus mengeksplorasi konsep-konsep yang dipelajari selama outing dan tetap memiliki rasa ingin tahu terhadap dunia di sekitarnya.
Masukan:
Terakhir, kumpulkan umpan balik dari siswa dan guru tentang tamasya tersebut.
Mengevaluasi efektivitas perjalanan dalam memenuhi tujuan pendidikannya dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan untuk perjalanan di masa depan.
Dengan menggabungkan kunjungan ke bursa efek dan perjalanan ke Perpustakaan Nasional, siswa dapat memperoleh wawasan praktis mengenai konsep ekonomi dan keterampilan penelitian sekaligus menumbuhkan kecintaan terhadap pembelajaran dan eksplorasi.